Backpacker Jogja - Malang dan Biaya

Hai penghujung bulan juli 2017... 💕

Kali ini aku mau cerita tentang perjalananku dari Jogja menuju Malang, serta memberikan sedikit gambaran kira-kira bagaimana, seperti apa dan berapa . hhehe

Jalan-jalanku kali ini berdua bersama temanku, rencana sendirian, bahkan aku sudah beli tiket kereta ke Malang untuk diriku sendiri, waktu aku kasih tau temanku bahwa aku Insya Allah akan ke Malang, temanku tertarik ikut dan beruntungnya kursi sampingku masih kosong. Jadi kali ini ceritanya adalah jalan-jalan bersama dua wanita berhijab. 😜

Baiklah langsung saja, persiapan pertama adalah aku menentukan tanggal keberangkatan. Kali ini aku menentukan tanggal 29 - 30 juli 2017 yang bertepan di weekend (karena emang libur kerjanya weekend). Aku langsung memesan tiket kereta via aplikasi hanya berangkatnya saja, karena saat itu sedang ada promo, selang seminggu kemudian aku memesan tiket pulang dan lagi-lagi ada promo. Ko promo terus ? iya, karena aku udah hafal aplikasi ini tiap masa berlaku promo a selesai dia akan ada promo selanjutnya. 

Ini salah satu tips ya buat kalian yang pengen menghemat pengeluaran, belilah tiket kereta jauh-jauh hari, 2 atau 3 minggu sebelum keberangkatan. Kemudian apabila di aplikasi sedang ada promo (biasanya sering ada) belilah tiket berangkatnya dulu, karena 1 kode promo biasanya digunakan 1x, baru di periode promo selanjutnya beli tiket pulang.

Sebelum hari H keberangkatan, minimal 1 minggu sebelum hari H pesan penginapan dan sewa motor. Oya disni aku lebih memilih sewa motor ya, jadi aku tidak memberikan rincian harga transportasi umum ketika disana. Untuk sewa motor apalagi kalau kamu pengen metic type v*rio saran banget booking jauh-jauh hari. Soalnya full dan banyak peminatnya termasuk aku. bisa muat banyak soalnya. 

Untuk menginap, aku memilih menginap di Batu yang dekat dengan beberapa tempat wisata di Batu, jadi bukan di Malang kota nya ya. Aku beruntung banget dapat penginapan yang murah, ramah dan bersih. Fasilitasnya juga lumayan, bebas kalau mau masak mie dan kopi, sarapan, garasi, dan satu lagi yang penting, air hangat pas mandi. AC / kipas angin ? engga butuh, di Batu udah dingiiinnnn... dan kamu tau berapa harganya ? nanti aja biaya aku rinci di bawah ya .. hhehe

Satu hal lagi yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat. Tentukan destinasi wisata serta estimasi waktu dan biaya. ini berguna agar setelah sampai di Malang kamu tidak membuang-buang waktu dengan berdebat kemana dulu nih.. blablablaa... 

Tiba di hari H keberangkatan, kereta berangkat dari Tugu Jogja 29 Juli pukul 00.05 dan sampai di stasiun Malang 29 Juli pukul 07.30 WIB. Sampai Malang tak perlu berlama-lama langsung COD dengan mas-mas rental motor di sekitar stasiun. Biaya rental motor nanti di bawah ya.

Tanggal 29 Juli 2017

Tujuan pertama setelah dapat kendaraan Adalah menuju penginapan di Batu. Sampai di penginapan kita prepare bersih-bersih dan tak lama kita langsung menuju tempat wisata yang pertama, yaitu Selecta.




Sepertinya cuaca kurang mendukung, saat sampai di Selecta kabutnya tebal, sangat dingin, ditambah gerimis mengundang. Untung aku bawa payung, karena emang sengaja sih sudah persiapan sebelumnya, udah nebak banget karena lokasi Selecta ada di kawasan puncak yang kemungkinan untuk gerimis sangat besar. 

Karena posisi gerimis, kita mau ke tempat wisata selanjutnya pun masih berfikir 2x, karena jas ujannya cuma 1, sementara tas isinya camera, Hp dll. yasudah kita menikmati Selecta di antara kabut-kabut tebalnya saja dan menunda ke tempat wisata selanjutnya. Disini banyak penjual makanan, dari sekian banyak makanan aku hanya memikirkan soto dan bakso dengan kuah yang panas. hhehe. 😝

Setelah sedikit reda, kami memutuskan turun dari Selecta meuju ke Museum Angkut. Waaw lagi-lagi karena weekend, tidak ada tempat wisata yang sepi, rame kaliii.








Kaki berasa mau copot, jalan terus dari awal sampai. Tapi semangat menuju tempat wisata selanjutnya, sayang kan jauh-jauh kalau cuma mau tidur-tiduran.

Sore menuju magrib kami parkir di halaman masjid Raya Batu, sembari menunggu magrib kami jalan-jalan di alun-alun Batu nya yang berasa di Surga jajanan. banyak banget makanan dan minuman yang dijual. Karena perut lapar akhirnya aku membeli nasi goreng, ada satu makanan ringan yang aku suka, namanya gempol apa sempol gitu, rasanya sedikit beda sama di Jogja. Banyak deh makanan dan minuman, tinggal pilih, harganya bermacam-macam, tapi kebanyakan perporsinya harga Rp5.000,00 dan Rp10.000,00 masih harga wajar kan.

Puas jalan-jalan di alun-alun Batu dan selesai Magrib, lanjut ke tujuan wisata selanjutnya yaitu BNS.

Perjalanan ke BNS dari alun-alun Batu kamu bakal melewati beberapa tempat wisata seperti Jatim Park, Eco Green Park (kalau tidak salah).

Aku lupa sampai di BNS jam berapa, yang jelas perjalanan tidak terlalu jauh. dan lagi-lagi rameee bettt.. Di BNS ini kebanyakan wahana bermain, sementara aku pribadi udah engga mood kalau bermain fisik sampai diputer-puter hhehe. Jadi gambaran BNS ini semamcam perpaduan antara Dufan dan Taman Pelangi nya Jogja. huhh... kaki apakabar... capeee... udah kepikiran kasur aja nih.



 



Akhirnya di BNS tidak begitu lama, cuss ke Night Market nya BNS, disana banyak penjual pernak-pernik khas BNS, aku cuss beli 2 t-shirt untuk abang sama adikq. meski jalan-jalan tetap ingat keluarga dong ya. hhehe.



Ok, kaki semakin nyut-nyut nih.. akhirnya perjalanan di hari pertama ditutup dan kembali ke penginapan. yuhuuu, penginapannya tidak begitu jauh untungnya. apa karena terbiasa naik motor jauh jadi perjalanan tidak terasa

Hari kedua yaitu tanggal 30 Juli 2017.
Bangun pagi subuh, dan beberes buat cek out serta melanjutkan perjalanan selanjutnya. Pas kami lagi beres-beres di kasih tau sama mas-mas pengelola penginapan kalau sarapan sudah di siapkan di meja dapur, waaww pas perut lafarr. Akhirnya aku meuju dapur dan sudah disiapkan nasi kotak untuk semua penghuni penginapan.

Saat kami mau cek out, teryata ada penghuni dari Jogja juga, cas cis cus sharing soal kuliner dan tempat wisata anatara kami, mas-mas dari Jogja yang lupa namanya, serta 2 pengelola penginapan. Semacam punya keluarga baru gitu.

Meski asik ngobrol bersama mereka tetap harus segera melanjutkan perjalanan. Target selanjutnya adalah Coban Talun, diamana tempat ini seharusnya kami kunjungi hari pertama setelah dari Selecta, tapi karena cuaca tidak memungkinkan kita tunda di hari kedua ini.

Karena masih pagi jadi jalanan masih sepi dan bisa wus-wus... Perjalanan menuju Coban Talun dimanjakan dengan hamparan pohon apel yang luas...

Di Coban Talun ternyata terdiri dari banyak tempat wisata, ada Apache camp, Flowers cafe Dll. tunggu review ku di tempat wisata ini ya, yang jelas recomended. 💚





                                                                    Apache Camp
                                                                            



    
Taman Bunga







Setelah puas jalan-jalan di Coban Talun kami memutuskan kembali ke Malang. Diperjalanan aku tergoda dengan buah apelnya, akhirnya beli untuk oleh-oleh. ibu penjualnya ramah ngasih diskon lagi. 😝

Perjalanan dari Batu ke Malang lumayan jauh ya, tapi engga berasa kalau dinikmati. Tak lupa di Malang mencicipi Bakso President yang laris banget itu.


Kenyang menikmati bakso dan bakso bakar yang endess banget lanjut ke Rumah berwarna Jodipan. Semua di cat warna warni, warganya juga ramah banget kalau ditanya. Sempat tanya masjidnya sebelah mana ya, di jawab ramah dan lengkap "ada mukenanya juga mba, kalau wanita yang atas". Tapi kalau disini berasa di Jogja, soalnya Jogja juga punya tempat yang mirip dengan Jodipan ini, tepatnya di daerah Code.





Semacam kehabisan tenaga, kita sholat sekalian istirahat di mushola Jodipan lumayan lama, sembari menentukan kemana lagi, ada satu tempat wisata di Batu yang tidak dikunjungi jadi waktunya tersisa banyak. Akhirnya kita memutuskan ke Taman Slamet yang lokasinya tidak jauh.





Di Taman Slamet duduk-duduk sambil ngobrol dengan bapak-bapak petugas kebersihan, beliau cerita soal penjajahan, kerajaan DLL intinya tentang semasa muda beliau yang penuh perjuangan. Lumayan lah, membangkitkan sejarah. hhehe

Selesai dari Taman Slamet kami lanjut ke Alun-alun Tugu, cuma duduk-duduk aja sih, biar lengkap kita jalan-jalannya alun-alun di sambangi semua. 



Waktu sudah hampir jam 4 sore, karena belum sholat asar, akhirnya cari masjid dan aku memilih sekalian ke alun-alun Merdeka Malang, ada Masjidnya yang bersih dan megah, Masjid Jami' namanya. Setelah sholat azar lanjut jalan-jalan keliling alun-alun Merdeka Malang sampai Magrib tiba.



Selanjutnya berburu kuliner bernama Angsle, hihh sedih aku udah antusias nyobain minuman Angsle tapi sayang banget, sudah sampai lokasi malah tutup, yasudah akhirnya kita memutuskan meuju stasiun dan mengembalikan motor.

Rasanya masih kurang aku berburu kuliner, di depan stasiun Malang banyak penjual makanan ringan, lagi-lagi aku beli gempol atau sempol sama tahu campur. Terus berburu oleh-oleh Strudel sama keripik Apel yang Malang banget di area stasiun. 

Ok pukul 20.10 WIB kereta datang dan saatnya kita cuss kembali ke Jogja. wiwww melelahkan tapi Happy. hhehe

Ini dia yang ditunggu-tunggu, Rincian biaya perjalanan dari Jogja ke Malang 2 hari 1 malam:
- Berangkat via Malabar Rp140.000,00                              (dapat diskon jadi 114.000,00)
- Pulang via Malioboro Express Rp140.000,00                  (dapat diskon jadi 114.000,00)
- Sewa Motor type v*rio dari tanggal 29 Juli jam 7.00 - 30 Juli jam 19.30 Rp150.000,00 (dihitung sewa 2 hari).                                                                         Rp75.000,00 /orang
- Bensin Rp30.000,00.                                                         Rp15.000,00 /orang
- Penginapan 1 malam berdua Rp80.000,00.                       Rp40.000,00 /orang
- Selecta Rp30.000,00 + parkir atau pajak Rp5.000,00
- Museum Angkut Rp100.000,00 + membawa camera Rp30.000,00 + parkir Rp2.000,00
- BNS Rp40.000,00 + parkir Rp2.000,00
- Coban Talun Rp10.000,00 + parkir Rp2.000,00
- Pagupon Camp Free (datang kepagian belum ada yang jaga 😜)
- Apache Camp                                                                    Rp10.000,00
- Flowers Cafe                                                                     Rp5.000,00
- Jodipan                                                                              Rp8.000,00
- Taman Slamet free (hanya bayar parkir)                           Rp2.000,00
- Semua alun-alun free (hanya bayar parkir Rp2.000,00 x 3) Rp6.000,00


Total : Rp610.000,00

Nb. Semua harga tesebut adalah harga wisata weekend, kalau ingin lebih hemat kamu bisa datang selain weekend atau hari libur Nasional. Maka harga di tempat wisata akan lebih murah.

Harga tersebut belum termasuk makan, oleh-oleh gitu ya, karena kalau masalah makan tiap orang berbeda. Kalau berdua lebih hemat juga, berarti untuk pengianapan dan sewa motor bisa dibagi dua.

Masih banyak tempat wisata di Batu yang belum dikunjungi, karena waktu terbatas jadi baru sebagian yang dikunjungi, tapi puas lah untuk hari itu. Hhehe.

Buat teman perjalananku terimakasih bisa di ajak gantian naik motor dan gantian juga baca GPS hhehe. Semoga bisa backpacker an lagi ke tempat wisata lain.

Yang jelas jarak perjalanan yang jauh, rasa kaki yang pengen copot terbayar lunas dengan kebahagiaan dan pengalaman yang luar biasa dan tak kan terlupakan. 💕

Sekian ya, mohon maaf apabila terlalu panjang, lebar kali tinggi. Semoga bermanfaat buat kamu yang pengen backpacker an tapi masih bingung soal gambaran biaya, penginapan dll.

Thank youuuuu...😊

Untuk review lengkapnya di masing-masing tempat wisata dan kuliner nya di postingan selanjutnya. (Kalo engga lupa) :)



Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mbak mau tanya, untuk nama penginapan dan sewa motornya apa ya?😳
    Soalnya mau backpakeran ke malang juga dari jogja😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama penginapannya sahar backpaker mas, kl nama sewa motornya lupa tapi deket banget dari stasiun, sisi kanan nya stasiun. Happy holiday :)

      Delete
    2. ada kontak penginapan nya gak kak ? hehe

      Delete
  3. Mbak mau tanya tiket kereta nya pesan via aplikasi apa ya? Terima Kasih

    ReplyDelete
  4. wuhhh... baca-baca kok fotone koyo kenal... jebul mbak livo 😁

    ReplyDelete
  5. Mbak. Kalau boleh minta kontak WA nya persewaan motor sama penginapan nya... Kebetulan saya dari jogja juga. Mksh sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Mbak mo nanya sabar backpaker itu ada di sebelah mana? Dekat stasiun?

    ReplyDelete
  7. Mbak mo nanya sabar backpaker itu ada di sebelah mana? Dekat stasiun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sahar Backpacker kak. Jauh dari stasiun, soalnya stasiunnya di malangnya, nah penginapannya di Batu nya yg dekat dengan tempat wisata.

      Delete

Post a Comment

Terimakasih sudah singgah, jangan lupa tinggalkan jejak ya :)